apakah anda menyukai blog saya?

RISMA ANGELIZA

RISMA ANGELIZA
RISMA ANGELIZA
Selamat datang di BLOG nya LIZA

Tuesday 14 October 2014

Kekasih Yang Tak Dianggap :(



Ini adalah kisah nyata gue. Ga ada niat untuk menyudutkan atau merugikan pihak manapun, pure kisah ini gue tulis untuk membuka mata dan hati kalian, terutama kaum adam.

Kenalin gue Liza, salah satu mahasiswi dari PTN yang cukup terkemuka di Bogor. Hidup gue hampir ga pernah flat, selalu aja ada kisah-kisah yang super WOW. Ya salah satunya kisah yang mau gue ceritain ini.
Semenjak gue kuliah, ya bisa di bilang gue semakin “kaku” sama masalah percintaan. Kenapa? Karena udah beberapa kali gue mencoba untuk berkomitmen untuk pacaran, ya lagi-lagi dikecewain. Sampe akhirnya setelah kurang lebih 3 bulan gue putus sama AYP, gue ketemu sama AB. Saat itu AB baru lulus dari salah satu PTS di Jakarta dan sedang menunggu waktu wisudanya. Awalnya gue ga menganggap serius orang ini, bukannya angkuh tapi udah sering cowo yang dateng ke gue untuk kenalan lebih deket tapi kenyataannya selalu cuma untuk “dimodusin” atau “iseng” belaka. Makanya dari pengalaman gue itu, gue semakin menguatkan benteng pertahanan hati gue (duelah....).

Ya sampe pada akhirnya AB nembak gue, dan gue pun menerimanya. Gue ga tau alesan apa yang jelas sampe gue bisa terima cintanya, tapi satu yang gue liat dia keliatan bersungguh-sungguh buat ngeyakinin dan ngedapetin hati gue. Entah kenapa, gue lebih menghargai usaha lelaki yang bersungguh-sungguh buat dapetin apa yang dia mau dibanding jurus “menebar rayuan dan janji manis” yang biasa dilakukan oleh kaum adam itu. Aneh emang, cuma karena alesan dia keliatan bersungguh-sungguh buat dapetin hati gue trus gue terima. Terus sebenernya perasaan gue ke AB gimana? Jangankan kalian yang baca, gue sendiri aja bingung. Saat itu, gue belum punya perasaan apapun ke AB, gue hanya merasa kagum & salut sama usaha dia yang keliatan serius dimata gue.

Awal pacaran pasti manis dong ya? Hehe. Sama gue pun merasakan itu. Meskipun dia cuek banget, tapi dia keliatan berusaha untuk berubah lebih baik untuk nyeimbangin gue. Kita pacaran jarang banget ketemu, kebetulan karena gue tinggal di Bogor dan AB berdomisili di Bekasi. Jadi kalo pas weekend gue pulang ke rumah dan kita sama-sama luang baru bisa ketemu. Ya makin hari jujur gue makin sayang, kalo kata orang jawa sih “witing tresno jalaran soko kulino” (cinta datang karena kebiasaan yang dilakukan bersama). Biarpun kualitas waktu kita untuk bisa barengan jarang banget, tapi komunikasi kita ga pernah putus. Karena dari awal gue udah memberikan ultimatum, kalo mau berhubungan sama gue harus ke arah yang lebih serius bukan cuma main-main kayak anak ABG yang sebentar putus terus punya pacar lagi, putus-pacaran-putus-pacaran. Aah cape kalo yang model begitu.... Dan gue juga bilang “kita cuma bisa berusaha untuk ngejalanin hubungan ke arah serius, tapi masalah jodoh kita serahin yang Maha Kuasa”. Makanya gue wanti-wanti untuk selalu jaga komunikasi dan kepercayaan selama kita berkomitmen.

Semua baik-baik aja, sampe bulan keempat kita pacaran, AB ga tau kenapa semakin keliatan ga peduli sama gue. Dan saking keselnya suatu malam gue minta untuk putus, karena gue ga mau ngejalanin hubungan lebih jauh ini cuma karena terlanjur kita udah saling berkomitmen tanpa ada rasa saling memiliki satu sama lain. Ternyata AB sempet shock sama keputusan gue yang terkesan mendadak dan sepihak itu. Dia berusaha ngegagalin keputusan gue dengan berbagai cara, sampe akhirnya gue kembali luluh karena ngeliat usaha dan perjuangan dia buat pertahanin hubungan kita ini. Besok malemnya, AB ajak gue jalan-jalan. Jujur gue seneng dan terharu banget, karena dia mau ngelakuin sesuatu yang ga disuka demi gue. AB bukan tipikal orang yang suka jalan, beda banget sama gue yang hobi banget travelling. Disitulah gue semakin  yakin, kalo dia emang orang yang tepat yang dikirim Allah swt buat gue. Dan disitu juga penyesalan terbesar gue muncul, karena gue udah tergesa-gesa ambil keputusan yang udah nyakitin perasaan orang yang selama ini berjuang buat gue. Mulai saat itu gue janji untuk ga ngelakuin hal yang sama.

Semua masih terasa manis, bahkan kita semakin yakin kalo kita “berjodoh”. Gue coba paksa dan kenalin AB ke nyokap. Respon nyokap cukup baik. Sampe akhirnya gue ajak lagi untuk kenalin ke Bokap, tapi dia ga mau dengan alasan belum punya kerjaan jadi takut ditanya macem-macem. Jujur gue sedikit merasa aneh, karena ga ada salahnya kan orang yang belum punya kerja kenal sama orangtua pacarnya? Toh ortu gue bukan ortu yang di sinetron-sinetron itu, yang tiap ada lelaki dateng kerumah bakal ditanya macem-macem. Ortu gue sangat bersahabat dengan temen-temen gue, makanya ga heran kalo banyak temen-temen gue yang cowo sering main ke rumah untuk curhat sama nyokap bokap gue, saking friendly nya. Kurang apa coba? Gue udah kasih berbagai penjelasan buat ngeyakinin AB kalo ortu gue ga akan menyudutkan atau mempermalukan dia, hanya karena statusnya yang masih pengangguran. Tapi dia tetep keras hati, ga pernah mau ke rumah lagi apalagi ketemu ortu gue. Bahkan untuk ngejemput gue kalo mau jalan bareng, dia maksa untuk janjian di depan gapura deket rumah gue. Jujur gue kecewa berat, kenapa sebegitu kerasnya sampe ga mau ketemu ortu gue? Padahal ortu gue selalu nanyain kabar dia, dan gue cuma bisa bilang “AB lagi sibuk mah, jadi belum bisa main ke rumah lagi” setiap ditanya nyokap. 

Antara logika dan perasaan gue ngblend jadi satu. Gue berhusnudzon, mungkin AB emang masih belum berani ketemu ortu gue untuk saat ini tanpa berprasangka buruk apapun. Bahkan gue sampe curhat ke bokap dan bokap juga bilang hal yang sama seperti gue pikirin. Jujur gue terharu sama bokap dan nyokap yang sedikit pun ga pernah sakit hati karena AB ga pernah mau nemuin di rumah, justru mereka yang selalu kasih saran supaya gue bisa tetep support AB di masa-masa sulitnya itu.

Dua tahun kita jalanin komitmen ini, tapi ga ada perubahan yang berarti. Mulai dari statusnya yang pengangguran, kebiasaannya yang jemput gue di jalan & ga mau ketemu ortu gue, ga pernah ada inisiatif buat nemuin gue di rumah padahal jarak rumah gue dan dia deket pekayon-narogong (berasa LDR akut), sampe sikap keras kepalanya yang ga peduli sama perasaan orang lain, semua masih tetep sama. Gue juga ga pernah dikenalin ke keluarganya padahal gue pengen banget bisa ketemu nyokapnya, dengan alasan “malu yank, belum kerja masa udah kenalin pacar ke keluarga”, akhirnya gue cuma bisa ngelus dada dan menahan semua keinginan gue itu. Jujur gue cuma pengen bisa silaturahmi sama keluarganya apalagi sama nyokapnya, karena gue sendiri sayang banget sama nyokap gue. Gue ga pernah berharap lebih untuk cari muka supaya diangkat anak menantu, ga kok! Beneran, pure gue hanya ingin punya silaturahmi yang banyak apalagi sama orangtua. Karena dari beberapa mantan gue dan sahabat gue, gue juga lumayan akrab sama ortunya masing-masing.

Ga hanya hal tersebut yang gue tahan, selama pacaran pun gue ga pernah melihat dia update tentang gue atau menyebut nama gue atau sekedar memasang foto gue di akunnya. Gue pernah ditantang dia, untuk pasang fotonya di akun gue dan itu gue lakuin tapi gue kecewa karena dia ga pernah ngelakuin hal yang sama buat gue. Setiap gue protes dia selalu bilang “aku ga enak, aku kan belum kerja masa udah pasang-pasang status tentang kamu”. Yaaaa gue hanya bisa menghelus dada untuk ke sekian kalinya dan berhusnudzon kembali. Gue ga ingin merusak hati gue dengan prasangka buruk. Dan gue juga ga pernah untuk minta putus (lagi) meskipun gue ngerasa kecewa berat, gue hanya menahan dan menyimpannya di hati. Karena gue udah pernah berjanji untuk ga ngelakuin hal tersebut lagi.

Gue ga pernah malu pacaran sama AB yang statusnya pengangguran, bahkan gue justru selalu kenalin ke sahabat-sahabat gue, meskipun dia ga pernah ngelakuin hal yang sama.  Banyak temen bahkan sahabat gue yang meragukan cintanya ke gue, apalagi statusnya yang pengangguran itu. Kenapa mereka seringkali mengusulkan saran agar gue segera putus? Yaa karena mereka ga yakin, dan mereka tau bahwa ada beberapa lelaki yang lebih serius yang udah ngutarain perasaannya dan jauh lebih pantes untuk gue. Tapi gue ga pernah anggep serius ejekan dan sindiran dari temen-temen gue itu. Gue anggep itu salah satu bentuk perhatian dan kasih sayang dari temen-temen gue.

Beberapa kali dia minta putus, tapi gue berusaha ngeyakinin AB lagi. Karena gue tau, setiap AB minta putus itu karena kesalahan yang gue lakuin. Lagi-lagi gue harus nepatin janji yang gue bikin untuk ga nyakitin perasaannya, meskipun kadang gue merasa tersakiti karena sikapnya. Tapi bagaimanapun caranya gue akan selalu setia sama janji gue dan komitmen yang udah gue bangun sejauh itu.

Januari 2014, kebetulan saat itu gue sedang penelitian di daerah terpencil yang bener-bener susah sinyal. Gue udah ngasih “kode” untuk minta putus, gue bilang “nanti di tempat penelitian sinyal susah, kalo aku ga kasih kabar harap maklum ya. Kalo kamu bete, kamu cari cewe lain aja”. Tapi AB ngejawab “kamu ngomong apa sih? Yauda yang penting kamu fokus aja dulu, kalo bisa kasih kabar ya kabarin aku”. Jujur kalimat itu menenangkan gue, meskipun sejujurnya gue ingin lepas dari dia.

Maret 2014, komunikasi gue sama AB semakin jarang, itu sengaja gue lakuin biar dia bisa lepas dari gue. Karena gue sedih, dia semakin keliatan ga respect dan ga anggep gue pacarnya. Dan bener dia minta putus dengan alasan dia yang belum kerja dan gue yang sedang fokus sama skripsi gue, tanpa pikir panjang gue langsung menyetujuinya. Gue yakin dengan cara ini gue ga akan ngelanggar janji gue untuk ga nyakitin perasaannya, meskipun gue ngerasa sakit dan berat untuk ngelepasinnya.

Semua berjalan baik-baik aja, sampe dia update kalo dia CLBK sama salah satu mantannya. Gue Cuma bisa mendoakan yang terbaik dan kembali mengelus dada serta bersabar. Gue yakin, suatu saat AB bakal ngerasain kalo cuma gue yang ngasi cinta tulus buat dia.

Dan bener saat gue ultah April 2014, dia kembali ngehubungin gue dan semakin intens. Beberapa kali dia ngutarain perasaan cintanya yang masih sama ke gue, tapi sayangnya gue ga melihat keseriusan itu. Gue tantang dia untuk ngejalanin komitmen yang serius lagi dan berubah lebih baik buat kedepannya, tapi dia ga mau. Dia bilang gue disuruh cari lelaki lain yang lebih pantes buat gue, karena dia belum kerja. Disitu gue mulai ngerasa kekecewaan yang semakin mendalam, kenapa dia PHP kalo dia ga mau? Setiap cowo yang deketin gue AB selalu tanya dan bilang kalo dia jealous. Yaa Allah, gue mesti gimana coba? Dia ga mau ngejalanin yang serius sama gue lagi, tapi dia ga pernah ikhlas kalo gue deket sama orang lain.

Sampe berulang kali dia minta maaf, ketika ngeliat gue kecewa karena jawabannya. Tapi dia selalu dateng ke gue ngeyakinin kalo dia masih sayang sama gue dan kalo kita bakal berjodoh. Mungkin karena kekecewaan yang terlalu mendalam yang terlalu sering yang gue rasain, gue memutuskan untuk ga nanggepin apapun yang dia lakuin ke gue. Bukan karena gue udah ga sayang, tapi gue ga mau hati gue terus-terusan dimainin. Gue sadar diri, gue ga cantik, gue ga menarik untuk dia makanya AB ga pernah menganggap gue wanita yang spesial di hidupnya, bahkan hanya untuk sekedar memuji atau menyebut nama gue di akunnya layaknya orang yang disayang. Makanya gue menahan diri untuk ga terus larut dalam ‘harapan palsu’ itu. 

September 2014, AB ultah dan dia udah mulai kerja. Awalnya gue ga mau ucapin, karena gue takut perhatian gue ini dijadiin senjata untuk mainin perasaan gue lagi. Tapi nyokap yang ngasi saran “ga ada salahnya kan kak ucapin? Toh dia pernah jadi orang spesial buat kamu”. Gue coba jadi orang pertama yang kasih ucapan selamat di hari spesialnya, meskipun gue bukan lagi orang spesial buatnya. Dan bener dia update mengharapkan ucapan dari seseorang yang pasti bukan gue, karena AB update setelah ngebales ucapan dari gue. Secepat itu kah dia berpaling hati ke wanita lain? Entahlah, cuma dia & Allah yang tau. Dan gue harus menahan diri dan kembali mengelus dada.

Itu hak nya ketika dia jatuh cinta kembali. Dan gue kembali menjaga jarak, tapi AB selalu menghubungi gue untuk minta diperhatiin layaknya kayak kita pacaran dulu. Gue cuma bisa ngebalesnya dengan ketus, karena gue tau dia mainin perasaan gue, ga serius. Setelah gue seminar hasil penelitian, dia kasih ucapan selamat. Tapi sengaja ga gue bales meskipun dalem hati gue seneng karena dia masih ada perhatian, karena gue tau dia pasti bakal mainin perasaan gue lagi.

Sampe suatu malem dia tanya “ganggu ga”, gue bilang “ganggu apa?”, dan disitulah dia mulai curhat. Betapa shocknys gue, ketika AB cerita kalo dia lagi jatuh cinta sama wanita yang udah punya pacar, dan dia minta gue untuk ngeyakinin cewe itu supaya terima cinta AB. HAH????? Bisa bayangin kan perasaan gue saat itu??? Kenapa mesti gue yang diceritain??? Kenapa dia mesti jatuh cinta sama wanita yang udah punya pacar? padahal waktu gue masih pacaran sama dia, ada beberapa cowo yang deketin dan nembak gue dia marah banget. sekarang kenapa mesti dia yang ngelakuin kayak gitu? bener-bener ga mikir? Ya ALLAH, gue bener-bener ngerasa bodoh banget saat itu. Ternyata selama ini gue di tipu mentah-mentah, semua keraguan sahabat gue itu bener. Gue ga sanggup nahan semua kesedihan, kekecewaan yang gue tahan-tahan selama ini. sebegitu teganya dia ngelakuin hal kayak gitu ke gue? Padahal baru beberapa minggu yang lalu dia bilang masih sayang dan dia tau perasaan gue juga. Dengan berbagai alesan dia coba mengelak dari semua pertanyaan gue. Bahkan dia masih sempet nanya “emang kamu mau balikan? Biar kamu ga sakit hati lagi” disaat gue sedang perang argumen dengannya, meminta pertanggungjawabannya yang dengan gampang mainin hati gue. Karena terlalu sakit hati gue memutuskan untuk menghapusnya dari salah satu akun pribadi gue, itu gue lakuin biar gue bisa hidup jauh lebih tenang tanpa bayang-bayangnya. Sampe saat ini gue belum tau, apakah dia sengaja melakukan itu untuk ngetes dan cari perhatian gue lagi? Atau memang dia udah nemuin tambatan hati yang baru? Hanya dia dan Allah yang tau, dan jujur gue udah ga mau tau lagi tentangnya. Yang jelas sampai saat ini dia ga pernah berusaha untuk menghubungi gue untuk meminta maaf bahkan dia semakin gencar update di akun pribadinya yang semakin menyakiti hati gue, dan gue menganggap kalo itu semua memang bener-bener terjadi seperti apa yang AB ceritain ke gue.

Satu hal yang bisa kalian petik dari kisah gue ini, berusaha lah untuk serius dan setia terhadap komitmen yang sedang kamu jalanin. Karena kamu ga akan pernah tau, kapan kamu bertemu orang-orang yang serius menerima kamu apa adanya? Kalo kamu selalu berusaha mencari yang lebih baik, kamu ga akan pernah dapetin itu. Karena sifat dasar manusia sebagai makhluk sosial, ga akan pernah puas. Percayalah! Belajar lah untuk selalu bersyukur dan menjaga apa yang masih kamu miliki saat ini, karena belum tentu suatu saat nanti kamu akan punya kesempatan yang sama. Jangan sampe penyesalan itu datang di saat yang ga tepat. Jangaaan! Belajarlah dari pengalaman! :) Usaha semaksimal mungkin selagi kalian masih mampu dan pasrahkan semuanya kepada Allah swt yang sudah menentukan takdir. dan untuk kaum adam, wanita itu ibarat barbie. kalo kalian memang bener-bener lelaki sejati janganlah mempermainkan perasaan wanita. Karena LELAKI SEJATI ga ada yang mainan BARBIE!!! Inget kalian juga di lahirkan dari seorang rahim wanita, kalo belum bisa membahagiakannya maka janganlah menyakiti hatinya!

Gue bisa bilang begini karena gue pun merasakan penyesalan di masa lalu, yang membuat gue untuk belajar menghargai dan bersyukur terhadap apa yang gue miliki saat ini. karena kesempatan ga akan pernah datang untuk ke sekian kalinya. Tapi gue ga pernah menyesal kok sama kisah yang gue ceritain ini, kenapa? Karena gue yakin, selama ini gue udah selalu berusaha husnudzon jadi pasti Allah pun bakal berhusnudzon. Gue yakin Allah memberikan ini semua, agar gue semakin tegar. Allah yang Maha Mengetahui segala sesuatu yang terbaik untuk hamba Nya. Allah pasti udah siapin jodoh yang terbaik buat gue, bisa aja itu kalian lho *eh hahaha :p 

"Walaupun tak bisa dinilai, cinta pun ada harganya. Selama ini banyak orang yang sudah terlanjur salah dengan tidak menghargai rasa cinta dan ketulusan seseorang."

Thank you, semoga bisa menginspirasi dan bisa menjadi pelajaran berharga untuk kalian semua :)

5 comments:

  1. Aseekk.. Akhirnya tau juga gue ttg kisah cinta lu ma. Eehhehe..

    Allah yang Maha Bijaksana emang ngasih kita pengalaman agar orang disekotar kita gak mengalami hal yang sama... :)

    Suka banget postingan ini..

    Semangat terus sahabatku..


    triadilah.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. wah dibaca dilah, uuuuuh malu deh hahaha...
    iya dil, makasi banyak lho sahabat kesayanganku! :* :D

    ReplyDelete
  3. http://jutawandomino206.blogspot.com/2017/06/nah-ini-dia-ini-posisi-seks-favorit.html

    http://beritadomino2o6.blogspot.com/2017/06/kisah-hidup-ken-ken-si-wiro-sableng.html

    http://marimenujudomino206.blogspot.com/2017/06/maute-siap-mundur-dari-marawi-jika.html

    http://detik206.blogspot.com/2017/06/nah-ini-tips-domino206-5-posisi-seks.html


    HALLO TEMAN-TEMAN YUK DAFTARKAN SEGERA DIDOMINO206.COM JUDI ONLINE TEPERCAYA & AMAN 100% !

    SANGAT MUDAH MERAIH KEMENANGAN TUNGGU APALAGI AYO BURUAN DAFTARKAN TEMAN-TEMAN^_^

    UNTUK PIN BBM KAMI : 2BE3D683 SILAHKAN DIADD YA:-)

    ReplyDelete