apakah anda menyukai blog saya?

RISMA ANGELIZA

RISMA ANGELIZA
RISMA ANGELIZA
Selamat datang di BLOG nya LIZA

Friday 1 February 2013

Buah Jatuh Tidak Jauh dari Pohonnya

Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya? yaa gue rasa itu pengandaian yang pas buat gue sama bokap.
karena kenapa? kenyataannnya gue sekarang juga ngajar kayak beliau, sharing aja nih ya dikit.

awalnya kenapa gue bisa ngajar? jujur gue iri, iri banget sama temen-temen yang seumuran gue mereka udah bekerja punya penghasilan sendiri. sedangkan gue? buat jajan aja masih minta sama orangtua. ya emang sih, orangtua gue udah ga terlalu berat karena sampe gue lulus kuliah gue dibayarin pemerintah alias dapet beasiswa. tapi tetep aja gue ngerasa iri. alesannya bukan karena ga punya uang, keluarga gue kebetulan memang dari keluarga sederhana atau biasa-biasa aja, tapi alhamdulillah gue ga pernah ngerasa kekurangan apapun karena apa yang gue minta alhamdulillah masih bisa dibeliin orangtua gue. tapi sebagai anak pertama gue ngerasa punya tanggung jawab untuk mulai belajar hidup mandiri, karena gue sadar suatu saat nanti bokap bakal pensiun, dan otomatis gue lah yang jadi tulang punggung keluarga apalagi ade gue jg masih sekolah masih butuh biaya banyak, dan yang paling penting nih sebenernya gue adalah cewe yang seneng belanja, hehe

ya sampe akhirnya gue berpikir dengan cara apa yaa gue bisa menghasilkan duit? gue nyoba dagang, ikutan kayak usaha nyokap. gue pernah nonton disalah satu acara tv, kalo kita mau berwirausaha carilah yang sesuai hobi kita karena kita bakal lebih menikmati usaha yang kita jalani itu. berhubung hobi gue adalah belanja, maka gue memilih untuk jual tas, sepatu, dompet via online shop di jejaring sosial gitu sekitar april 2011 kebetulan waktu itu olshop belum ramai kayak sekarang, jadi pasaran gue bisa cepet merayap. kebetulan gue usaha ga sendirian tapi joint sama temen-temen SMA gue, alesannya tau sendirilah uang kiriman ortu tiap bulannya berapa? jadi modalnya dibagi rame2.
awalnya usaha olshop ini berkembang pesat karena gue sering bgt promosiin ke tmn2 gue, keuntungannya ga main2 untuk sekali belanja, seminggu sekali kita bisa dpt untung 100-250ribu, lumayan banget ga tuh? cuma modal ngomong sama online dijejaring sosial tp berhubung temen gue kurang serius  dan mulai males2in belanja, otomatis kita stop usaha ini karena buat gue jkepercayaan orang itu mahal harganya, gue ga mau main kalo melakukan sesuatu. dan kenapa ga gue lanjutin? gue dapet barang2nya itu di Bnadung lewat temen gue, sedangkan gue kuliah dan ngekos di Bogor jadi ga mungkin kan gue bolak balik Bogor-Bandung? gue juga udah coba cari alternatif lain, cari tempat penyuplai barang baru yang harga murah, kualiatas dan model oke kayak di Bnadung tapi nihil.

ga berhenti sampe disitu, gue mikir mesti usaha apalagi ya supaya gue bisa menghasilkan duit?
akhirnya gue nyoba pasang iklan tentang diri gue di internet, pernah ada tawaran jadi pengaudit data perusahaan gajinya lumayan sampe 3jutaan gitu, tp gue hrs ikut karantina sdgkan gue aja msh kuliah. dan akhirnya gue  ngeliat ada lowongan pengajar di salah satu bimbel khusus mahasiswa tingkat pertama IPB.
jujur gue ga pede dan ragu bgt buat ikutan itu, tapi ga tau kenapa semangat itu yang mendorong gue buat trus maju. gue ga pinter dan gue ga pernah ngajar sebelumnya, yang tadinya udah semangat bgt tiba2 mundur lg.
sampe akhirnya gue beraniin diri, apapun hasilnya nanti yang penting gue udah nyoba ga penasaran.
bener pas naroh berkas gue langsung di test microteaching, dengan kemampuan seadanya yaa gue bergaya ala guru gitu dan dinilai sama pengujinya, gue ga bisa jawab, dan commentan tentang cara ngajar gue pun mengecewakan, jleb banget lah. akhirnya gue disuruh pulang dan nunggu pengumuman.
gue udah ga terlalu berharap karena ga ada kabar pengumuman stelah seminggu gue tes disana, tiba2 pas lg di rumah ada sms yang ngasi tau kalo gue jadi pengajar di tempat bimbel itu.

tapi gue belum boleh lgsg ngajar, gue di training dulu sebelum diksh ksmptan ngajar. alhamdulillah gue bisa melewatinya dgn baik dan dapet murid privat di asrama. sbenernya ga ada yg sulit selama gue ngajar semua berjalan sesuai rencana, tapi yang paling menyedihkan saat harus bolak balik asrama yang jaraknya lumayan jauh ditambah bawa2 papan tulis yg lumayan berat. jujur kadang hati gue manja, dalem hati cuma gaji 25ribu sekali ngajar gue mesti repot2 bawa2 papan tulis bolak balik asrama yg jaraknya masyaallah? pengen naik ojek tp yg ada gaji gue abis diojek dong nanti :( maka gue kuatin hati gue, gue inget kata2 Ayah kalo mau jadi orang sukses harus merintis dari  bawah ga ada orang sukses yang langsung duduk diatas.
ya kalimat itu akhirnya yg selalu jd penguat gue disaat gue mulai down.

sampe akhirnya gue jadi salah satu pengajar favorit dan senior di bimbel itu. senengnya gue :D
sampe tiba2 sahabat gue nawarin gue untuk ngajar disalah satu SMA negeri di bekasi yaitu SMA 8 bekasi untuk pelatihan siswa peserta olimpiade sains Biologi tingkat kabupaten dan kota.
tanpa pikir panjang karena dulunya gue jg pernah ikutan ajang itu, gue terima tawaran dari penyalur pengajar khusus olimpiade sains ini, jujur ngajar anak SMA lebih menyenangkan dan lebih rumit. alesannya mereka pinter2 jadi kdg gue suka bingung sendiri ngejawab pertanyaan mereka. gue banyak kenalan sama orang2 baru disana, salah satunya pengajar olimpiade yang udah cukup senior. sampe beberapa waktu yang lalu gue dihubungi sesama pengajar itu untuk ngajar di SMA 4 Bekasi dan alhamdulillahnya gue dikontrak untuk ngajar disana sampe 10 minggu kedepan sebelum ajang olimpiade sains itu berlangsung.

jujur banyak temen-temen gue yg protes, katanya kok gue malah ngajar di SMA orang? ga ngajar di SMA sndri? sbnernya pengen bgt tp ga ada tawaran buat ngajar di SMA 6 bekasi. dan skrg gur semakin berpikir "buah yg jatuh itu emang ga jauh dari pohonnya"? jujur gue ga begitu tertarik dalam ngajar, tapi gue seneng ngejalaninnya. bahkan gue udah sempet ngomong ke nyokap, nyokap pengen bgt gue jd pns, yaa ga ada yg tau jalannya? siapa tau aja dari kerja sambilan gue ini kan? hehe :D

1 comment: